Breaking News

18 Tips Jalan-jalan Hemat ke Eropa yang Harus Kamu Ketahui


Dengan lebih dari 50 negara mulai dari negara Liechtenstein yang kecil hingga negara Rusia yang raksasa, Eropa merupakan benua yang bisa kamu kunjungi berkali-kali tanpa merasa bosan. Kekurangannya? Eropa juga merupakan salah satu benua yang paling mahal untuk dikunjungi.
Harga hotel di kota besar seperti Paris dan London akan membuat dompetmu menipis dengan cepat, belum lagi biaya kehidupan! Kalau ingin liburan dengan budget yang tidak terlalu besar, gunakan tips jalan-jalan hemat ke Eropa jitu yang akan saya bahas di artikel ini!

1. Gunakan Couchsurfing

Couchsurfing merupakan situs dimana pemilik rumah dari seluruh dunia menawarkan akomodasi GRATIS untuk para traveller. Ya, kamu tidak salah baca – gratis! Kalau kamu menginap di akomodasi dari Couchsurfing, kamu bisa menunjukkan rasa terima kasihmu kepada pemilik rumah dengan memasak atau membawa hadiah kecil dari negara asalmu.
Mau tinggal gratis di Eropa dan mendapatkan tourguide lokal? Coba saja gunakan Couchsurfing. Untuk para traveller wanita yang berpergian solo dan berfikir opsi ini sedikit bahaya, kamu bisa mempertimbangkan opsi selanjutnya.

2. Menginap di Hostel

Harga menginap di hostel memang tidak semurah dulu tapi kamu masih bisa menghemat banyak kalau menginap di hostel. Hampir semua kota besar di Eropa memiliki hostel yang bisa kamu pertimbangkan. Kenapa harganya murah? Karena kamar tidurnya akan dibagi dengan traveller lain seperti asrama – biasanya satu kamar ditempati oleh empat hingga sepuluh orang.

Harga semalamnya pun bisa serendah 9 EUR (~135,000 IDR) di kota besar seperti Barcelona. Lebihnya lagi, kamu juga bisa berteman dengan teman-teman sekamar kamu! Kekurangannya? Mungkin kamu akan terlalu beruntung dan harus membagi kamar dengan orang yang ngorok kalau tidur.

3. Atau Coba Airbnb

Alternatif lainnya yang mungkin pernah kamu dengar sebelumnya tentu saja Airbnb – situs dimana pemilik rumah menyewakan kamar rumahnya untuk pencari tempat tinggal jangka pendek. Secara umum, kamar Airbnb lebih murah daripada kamar hotel dan juga memberikan kamu kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lokal. Tetapi harga kamar Airbnb terkadang lebih mahal kalau dibandingkan dengan hostel. Jadi kalau tidak mau tinggal di hostel dan tetap mau jalan-jalan hemat ke Eropa, pertimbangkan opsi untuk menginap di Airbnb ya!

4. Naik Bus

Bus merupakan cara termurah untuk mengelilingi Eropa, baik untuk perjalanan antar negara atau perjalanan di dalam kota. Kalau mau jalan-jalan hemat ke Eropa, sebaiknya kamu mencari tahu bus pass apa saja yang tersedia. Contohnya, kalau ingin jalan-jalan di London, menggunakan Oyster Card akan membuat perjalanan bus dalam kotamu lebih hemat!

5. Terbang dengan Maskapai Budget

Orang yang liburan ke Eropa biasanya menghabiskan waktunya di beberapa negara, tidak satu saja. Untuk perjalanan antar negara, sebaiknya kamu menggunakan banyaknya maskapai penerbangan budget yang ramah dompet seperti Ryanair atau Easyjet. Tidak jarang ada tiket pesawat dari London ke German yang dijual dengan harga semurah 19 EUR (~285,000 IDR) kalau sedang sale. Murah banget ya?

6. Jalan-jalan Menggunakan Interrail Pass

Selain bus pass, terdapat banyak sekali train pass yang bisa kamu beli untuk jalan-jalan hemat ke Eropa! Interrail Pass, salah satunya. Kamu bisa menggunakan pass ini untuk menaiki kereta api apapun dan kemana pun di 30 negara di Eropa! Kalau kamu berencana untuk melakukan banyak perjalanan antar kota atau antar negara, pass ini akan menjadi alat jitu untuk menghemat uang transportasi kamu.

7. Kereta Malam

Mau pake Interrail Pass atau tidak, pastikan kamu memilih untuk menggunakan kereta malam saat melakukan perjalanan dengan kereta. Dengan begitu, kamu bisa menyimpan uang akomodasi dengan tidur di kereta api dan juga menghemat waktu karena perjalanan antar kota di tempuh di malam hari saat semua atraksi tutup.

8. Jangan Pergi Saat Musim Panas

Harga akomodasi dan tiket pesawat disaat musim panas lebih tinggi dibandingkan musim lainnya karena merupakan peak season untuk jalan-jalan di Eropa. Harga mulai naik dari awal bulan Juni hingga akhir bulan Agustus. Kalau kamu tidak bisa menghindari berlibur saat musim panas, pastikan kamu tidak datang di bulan Agustus karena selain mahal, Agustus merupakan bulan teramai saat semua orang sedang mengambil cuti tahunannya di Eropa.

9. Gunakan Kartu Pelajarmu

Kalau kamu seorang pelajar, pastikan untuk membawa kartu pelajarmu untuk jalan-jalan hemat ke Eropa. Kamu bisa mendapatkan banyak diskon menggunakan kartu pelajarmu di Eropa termasuk diskon untuk tiket masuk atraksi terkenal. Kalau kamu bukan murid, coba saja untuk “mencari”nya dari mana gitu…!

10. Cari Museum Dengan Tiket Masuk Gratis

Di beberapa kota seperti London, kamu bisa menemukan banyak museum yang bisa kamu masuki tanpa membayar sepeser pun. Ada pula beberapa museum yang gratis hanya di hari-hari tertentu jadi sebelum kamu berkunjung, ada baiknya memeriksa situs resmi museum itu dan mencari tahu apakah ada hari bebas tiket untuk masuk! Ada juga beberapa negara yang memberikan akses gratis ke museum-museum nasionalnya di hari Minggu pertama setiap bulannya, jadi jangan lupa check dulu ya! Lumayan kan bisa menghemat biaya sedikit?

11. Harus Flexible

Tips yang satu ini tidak hanya akan membuat liburanmu lebih hemat tapi juga memastikan kamu bisa menikmati seluruh liburanmu. Menjadi flexible berarti kamu bisa mengganti travel plan kamu kapan saja kalau diperlukan sesuai situasi dan kondisi!

12. Ketahui Supermarket Terdekat Kamu

Kalau kamu ingin jalan-jalan hemat ke Eropa, jangan selalu makan di restoran atau kafe-kafe karena pastinya akan membuat dompet kamu tipis dengan cepat. Sebaiknya kamu mencari tahu supermarket terdekat akomodasi kamu, membeli bahan makanan dan masak di hostel atau Airbnb kamu di hari-hari tertentu. Kamu juga bisa membeli makanan langsung saji kalau tidak mau repot-repot memasak, tapi pastinya makanan dari supermarket akan lebih murah dibandingkan dengan harga makanan di restoran.

13. Coba Makan di Bakery atau Makan Jajanan Jalanan

Kalau kamu masih mau makan di luar, cobalah untuk pergi ke bakery alias toko roti atau penjual jajanan jalanan Eropa saja. Satu porsi hidangan souvlaki di Yunani bisa kamu beli seharga 2 EUR (~30,000 IDR) kalau beli dari bakery sedangkan kalau beli dari restoran, harganya bisa mencapai 10 EUR (~150,000 IDR).

14. Beli Kartu SIM Lokal

Daripada bayar harga roaming, pertimbangkan untuk beli nomor lokal saja! Apalagi kalau kamu ingin menggunakan handphone kamu kapan saja.

15. Gunakan WiFi Gratis

Kalau kamu tidak mau menghabiskan uang untuk membeli nomor lokal, gunakan saja WiFi gratis yang tersedia di banyak tempat di Eropa. Kebanyakan museum, perpustakaan serta restoran rantai seperti McDonalds dan Starbucks menyediakan WiFi gratis!

16. Perhatikan Penggunaan Mata Uang yang Berbeda

Tidak semua negara di Eropa menggunakan mata uang Euro jadi pastikan kamu memeriksa dahulu mata uang yang digunakan negara yang akan kamu kunjungi sebelum berlibur. Pastikan kamu tidak menukarkan uangmu di bandara saat mendarat karena harga jual-beli mata uang di bandara biasanya sangat mahal! Kalau memang kamu berniat jalan-jalan hemat ke Eropa, kenapa tidak pertimbangkan untuk mengunjungi beberapa negara di Eropa yang ini – mereka semua destinasi yang lebih murah dibandingkan negara yang menggunakan mata uang Euro!

17. Nikmati Pertunjukan Gratis

Banyak sekali pertunjukan gratis di Eropa yang bisa kamu tonton! Mulai dari konser okestra di tempat terbuka hingga band bar. Kamu bisa mencari tahu informasi pertunjukan gratis dengan mencarinya di Google. Di jamin kamu akan menemukan sesuatu yang menarik!

18. Ikuti Tur Jalan Gratis

Kebanyakan kota di Eropa menawarkan tur jalan gratis, cukup cari saja online. Tur jalan gratis begini merupakan kesempatan tepat untuk bertemu traveller lain juga! Jangan lupa untuk memberikan tip kepada tur guide kamu ya setelah selesai turnya.

Dengan 18 tips ini, kamu sudah bisa memotong anggaran berlibur kamu dengan banyak lo! Sudah siapkah untuk jalan-jalan hemat ke Eropa?


sumber : www.tripzilla.id

No comments